Group Membership, Strategi Jitu Menjaga dan Meningkatkan Tingkat Keanggotaan Gym Center

Group Membership, Strategi Jitu Menjaga dan Meningkatkan Tingkat Keanggotaan Gym Center

Mungkin ada dari anda atau pemilik atau pengelola gym center, fitness center, maupun pusat kebugaran lainnya yang khawatir akan berkurangnya jumlah anggota (tetap) dan menjaga tingkat keanggotaan (tetap) yang sudah dicapai saat ini. Masalah ini sebenarnya sudah sering dialami oleh para pelaku bisnis dibidang ini (dan bidang bisnis lainnya), oleh karena itu anda tidak sendirian. Kebanyakan anggota yang berhenti di tengah jalan adalah keanggotaan yang sifat programnya individual, misalnya program fitness perorangan dan sejenisnya. Anggota-anggota yang keluar ini nantinya akan mencari dan masuk kedalam keanggotaan baru yang sifat programnya lebih “sosial” atau keanggotaan dalam sebuah kelompok khusus (group membership atau speciality group).

Alasan dibalik itu sederhana saja.. karena mereka lebih menyukai latihan/olahraga fisik secara bersama-sama dalam sebuah kelompok khusus (speciality group). Gym center yang fokusnya pada program speciality group ini menggunakan semua sumber dayanya untuk mengakomodasi dan memfasilitasi orang/anggota yang ingin latihan secara bersama-sama dalam sebuah kelompok khusus. Mereka mempromosikan berbagai paket program speciality group yang bervariasi dan yang sedang trending dan populer. Menyediakan aksesoris unik yang menarik seperti kaos/seragam keren, poster-poster, pamflet (flyers), umbul-umbul yang unik dan kreatif. Semua itu bertujuan agar tiap-tiap anggota dapat lebih merasa sebagai bagian yang tak terlepas dari komunitas yang dicintainya. Menggunakan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) untuk menciptakan fans group menjadi strategi promosi meningkatkan jumlah anggota baru. Dan, kembali lagi yang paling penting adalah mereka dapat merasa lebih “connected” dan “betah” dengan paket program speciality group yang anda tawarkan.

Ada tambahan keuntungan kompetitif apabila anda memiliki fasilitas ruang latihan yang luas untuk menampung lebih banyak peserta, yang berarti dapat menambah lebih banyak lagi anggota baru. Selain itu, anda dapat membuat paket program yang lebih bervariasi agar dapat memaksimalkan peningkatan jumlah anggota baru tersebut. Ditunjang dengan pembuatan paket program yang “pas” dan “terkini” atau program latihan yang sedang trending atau populer anda dapat menarik lebih banyak anggota pemula baru dan terus berkelanjutan dalam jangka panjangnya. Tentunya dengan manajemen penjadwalan program yang tertata baik dan instruktur-instruktur yang memiliki kualitas yang profesional, anda dapat membangun social connectivity yang lebih besar diantara para anggota baru.

Menurut riset tingkat resiko anggota yang mengundurkan diri pada keanggotaan individual adalah 56% lebih tinggi apabila dibandingkan dengan keanggotaan kelompok. Ada empat alasan mengapa “anggota kelompok” lebih baik daripada “anggota individual”:

  1. Tingginya tingkat retensi (loyalitas) atau tingkat kebetahan – Anggota kelompok memiliki kecenderungan lebih “terikat” dengan program-program latihan yang diadakan, sehingga mereka dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan anggota individual. Sebuat riset penelitian terhadap 10.000 anggota gym menunjukkan bahwa peserta latihan kelompok memiliki tingkat retensi lebih tinggi daripada peserta latihan yang individual. Secara statistik tingkat resiko anggota yang mengundurkan diri pada keanggotaan individual adalah 56% lebih tinggi apabila dibandingkan dengan keanggotaan kelompok.
  2. Biaya lebih efisien dan ekonomis – Biaya yang dibutuhkan untuk mengakomodasi latihan dalam keanggotaan kelompok lebih kecil daripada apabila diharuskan membeli tambahan peralatan dan mesin fitness yang sangat mahal. Bayangkan 40 orang peserta dalam kelas latihan kelompok versus 40 orang dalam ruang latihan khusus beban atau 40 orang dalam ruang latihan treadmills. Oleh karena biaya overhead untuk kelas latihan kelompok lebih cost effective, maka ini berarti tingkat pengembalian investasi (RoI) anda akan lebih tinggi.
  3. Meningkatkan jumlah referensi – Anggota kelompok lebih mungkin atau cenderung untuk mengajak teman untuk mencoba kelas-kelas program, hal ini akan meningkatkan tingkat jumlah anggota baru dari referensi-referensi secara eksponensial.
  4. Sensifitas harga kompetitor – Oleh karena anggota dalam kelompok memiliki koneksi sosial diantara sesama anggota kelas program, mereka menjadi lebih loyal atau betah pada gym anda meski ada kompetitor gym lain yang menawarkan harga lebih murah.

Mengapa orang lebih menyukai dan memilih program fitness secara kelompok? sederhana jawabannya, karena latihan secara kelompok lebih MENYENANGKAN (FUN). Orang yang latihan dalam kelompok mendapat lebih banyak kegembiraan dan mereka lebih bersemangat untuk mencapai tujuan secara bersama-sama daripada mereka yang latihan dalam ruang isolasi tersendiri atau secara individual. Memang ada beberapa orang yang lebih menyukai kesendirian dalam latihan fisik namun mungkin bisa dimasukan kedalam pengecualian. Secara fundamental, manusia adalah makhluk sosial – pergi ke restoran bersama teman istimewa, pergi nonton ke bioskop bersama teman-teman kantor, mayoritas orang lebih cenderung menyukai latihan fisik secara kelompok bersama-sama (bahkan bagi mereka yang perlu diyakinkan terlebih dulu untuk ikut mencoba).

Dalam pergerakan yang tertata rapi, serasi dan tersinkronisasi membuat latihan dalam kelompok terasa lebih menyenangkan! Banyak penelitian telah membuktikan bahwa latihan dalam kelompok yang tertata rapi, serasi, terkoordinasi dan tersinkronisasi (tentu saja dengan diiringi musik yang pas) akan menghasilkan lebih banyak produksi hormon endorphin (yaitu hormon untuk perasaan mood senang atau gembira) daripada bila dibandingkan dengan latihan secara sendiri. Keuntungannya substansial: “Aktivitas fisik yang dilakukan secara bersama-sama dan tersinkronisasi akan meningkatkan mood dan keterikatan atau keterhubungan sosial diantara sesama anggota dalam kelompok.” Dan lebih dari itu adalah dalam jangka panjangnya juga akan meningkatkan “kesetian” atau kebetahan terhadap gym anda.

Program kelas berkelompok dapat meningkatkan kesetiaan dan akuntabilitas atau komitmen diantara peserta latihan. Para pakar kesehatan dan kebugaran sepakat bahwa rasa saling mendukung, variasi latihan dan pemotivasian pada program kelas berkelompok dapat meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan rasa betah terhadap rutinitas-rutinitas latihan. Anggota kelompok memiliki akuntabilitas (kepercayaan dan komitmen) kepada instrukturnya dan kepada anggota kelompok lainnya, latihan bersama-sama menjadi aktivitas dan kegiatan yang terjadwal dalam keseharian mereka, dan lebih mudah bagi mereka untuk tetap dapat menjaga motivasi dan betah terhadap program-program latihannya. Dan lebih dari itu apabila mereka menyukai dan terikat dengan rutinitas latihan mereka akan bertahan lama menjadi anggota tetap gym anda.

Strategi marketing secara referensi atau referal adalah mesin penghasil uang yang sangat efektif dalam industri kesehatan dan kebugaran. Anggota yang potensial adalah mereka yang dengan senang hati mengajak teman-teman mereka atau kerabat keluarga untuk ikut menjadi peserta gym anda. Jadi pertanyaannya adalah … Bagaimana anda dapat menjadikan anggota menjadi anggota yang potensial menjadi sumber referensi yang efektif?

Jadikan keanggotaan klub kebugaran anda menjadi sebuah klub sosial. Tidak masalah jenis fasilitas apa yang sudah anda miliki, anda dapat meningkatkan jumlah keanggotaan dengan mencoba berusaha membangun sebuah konektivitas atau keterhubungan sosial secara person-to-person diantara para anggota gym anda. Jika anggota merasa terhubung dengan program atau kelas latihan kelompok yang anda fasilitasi, mereka akan cenderung mereferensikan ke teman-temannya dan mengajak mereka untuk ikut dalam kelas program latihan juga karena hal itu dapat memperkuat jaringan sosial mereka sendiri di dalam kelompok. Program latihan berkelompok adalah faktor utama dalam membangun keterhubungan dan lingkungan sosial. Investasikan waktu, energi, dan sumber daya yang anda miliki untuk membangun komunitas sosial melalui paket program-program kelas latihan yang menarik yang anda tawarkan. Bila anggota merasakan pengalaman “WOW” dalam program kelas latihan kelompok, mereka akan mengajak dan membawa teman-teman mereka untuk mencoba programnya, dan mereka merasakan pengalaman “WOW” yang sama, maka mereka akan ikut menjadi anggota baru dalam kelompok latihan anda.

 

 

Penyadur: Mario Iskandar.

Tanggal Disadur: 24 Agustus 2017.

Sumber Artikel: https://mossa.net/whitepapers/marketing/campaigns/jan15-lets-move-better-together.

 

45 thoughts on “Group Membership, Strategi Jitu Menjaga dan Meningkatkan Tingkat Keanggotaan Gym Center

  1. Pingback: order tadalafil
  2. Pingback: flagyl vagitorier
  3. Pingback: baclofen 10mg
  4. Pingback: abilify vs zyprexa
  5. Pingback: acarbose wirkstoff
  6. Pingback: actos absorption
  7. Pingback: protonix max dose

Comments are closed.

Comments are closed.